Ads Right Header

Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan

Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan - Hallo sahabat Situs Pendidikan Masa Kini - Patih Akbar, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pendidikan, Tarian Daerah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. dengan mudah, selamat membaca.

Judul : Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan
link : Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan

Baca juga


Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan

Ada suatu tarian indah yang bernama Tari Pendet merupakan sebuah tarian indah yang berasal dari Bali, tarian ini merupakan salah satu tarian adat yang paling sacral bila dibandingkan dengan tarian adat yang lain karena tarian pendet ini menggunakan unsure mistis yang berada di dalamnya. Tari Pendet Adalah melambangkan subuah penyambutan dewa yang turun dari atas yang masuk ke dalam dunia dan merasuk ke dalam jiwa yang sedang menari. Tari Pendet tergolong agak susah dalam melakukan tarian tersebut dan untuk orang yang sudah ahli menarikan yang bisa, karena untuk orang yang belum mengetahui akan kesulitan dalam menyeimbangkan,
Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan
Tari Pendet Untuk Sambutan Selamat Datang Kepada Dewa - Dewa

Tarian pendet ini hanyalah suatu sambutan kepada dewa yang berada di alam lain untuk memasuki alam manusia, mereka memberikan dewa – dewa sambutan yang bertujuan agar dewa – dewa tersebut menyukai dan merasa terhibur karena adanya sambutan tersebut. Sehingga dewa – dewa tersebut suka dengan Tari Pendet untuk bersemayam di bumi ini dan memberikan manfaat khusus bagi masyarakat nya dan juga berfungsi sebagai pelindung masyarakat.

Tari Pendet Dilakukan Secara Berpasangan Maupun Kelompok

Tari Pendet ini dilakukan dengan cara berpasang – pasangan pria dan wanita atau dapat juga dilakukan dengan sekelompok missal oleh kaum pria yang biasanya dilakukan di gunung. Busana yang ada pada tari pendet antara lain mengenakan tapih berwarna hijau, kamen berwarna merah, angkin prada berwarna kuning dan selendang berwarna merah polos tanpa motif. Sedangkan untuk hiasan yang digunakan penari pendet ini antara lain dengan rambut sasak dan menggunakan bunga kamboja, bunga mawar, bunga semanggi dan bunga sandat yang memiliki pola aturan dan susunan masing – masing baik itu diletakkan secara melengkung ataupun decara memanjang.

Untuk pelengkapan Tari Pendet biasanya mengginakan bokor yang dihiasi dengan ornament janur, dengan motif potongan yang disesuaikan sendiri sesuai dengan penarri tersebut, bias juga dengan motif irisan belah ketupat atau dengan penggabungan motif- motif yang ada. Tari pendet ini sendiri dilakukan dengan gerakan yang lemah gemulai tanpa tenaga, untuk menarikan tari pendet biasanya dilakukan oleh penari perempuan dengan pola gerakan dinamis yang biasanya dilakukan pada saat upacara atau kegiatan khusus yang dilaksanakan di Bali dengan membawa sengku, kendi, atau cawan dengan perlengkapan sesajen khusus untuk ditampilkan.

Tari Pendet Pada Awalnya berdiri pada tahun 1950, saat pertama kali diciptakan biasanya tarian ini dilakukan hanya untuk upacara – upacara khusus saja, namun kini banyak juga yang menampilkan tari pendet ini di berbagai tempat sebagai bentuk apresiasi seni dan keinginan mereka untuk mempelajari tari pendet secara lebih jauh serta untuk pengembangan budaya dari Tari Pendet.


Demikianlah Artikel Tentang Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan

Semoga dengan membaca artikel Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel kami yang lainnya. Dan jangan lupa di share yaa

Anda sekarang membaca artikel Tari Pendet, Tari Daerah Bali yang Patut Dilestarikan dengan alamat link https://patihakbar.blogspot.com/2019/01/tari-pendet-tari-daerah-bali-yang-patut.html
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di blog ini :

- Dilarang promosi suatu barang
- Dilarang jika memasang link aktif di komentar
- Dilarang keras promosi iklan yang berbau judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang menulis komentar yang berisi sara atau cemuhan

Kebijakan komentar yang bisa Anda temukan selengkapnya disini

Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan subscribe blog ini

Ads Post 4