Ads Right Header

Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal

Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal - Hallo sahabat Situs Pendidikan Masa Kini - Patih Akbar, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pakaian Adat, Pendidikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. dengan mudah, selamat membaca.

Judul : Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal
link : Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal

Baca juga


Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal

Salah satu budaya dari Indonesia adalah Pakaian Adat Jawa Barat merupakan pakaian resmi yang berasal dari jawa barat, pakairan resmi ini biasanya digunakan dalam suatu acara atau kegiatan khusus yang bersifat resmi dan digunakan sebagai lambing maupun symbol resmi suatu daerah. Secara umum, untuk para pria jawa barat dapat menggunakan baju takwa dengan celana kain berwarna hitam dengan ikat pinggang dan ikat kepala dengan motif yang sama dengan kain baju dan menggunakan sandal selop biasa.
Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal

Pakaian Adat Jawa Barat Terdiri dari 5 Kategori

Sedangkan untuk wanita jawa barat pada umumnya dapat menggunakan beragam perhiasam seperti gelang emas atau perak asli, dan untuk pria jawa barat menggunakan cincin emas atau perak. Pakaian Adat Jawa Barat ini umumnya dibedakan dalam 5 kategori yaitu pakaian rakyat biasa jawa barat yang dapat digunakan oleh hampir semua rakyat yang berada di jawa barat yang tergolong rakyat kurang mampu dalam kondisi finansial, pakaian kaum menengah jawa barat yang dapat digunakan oleh kalangan yang berkecukupan secara menengah dalam kondisi financial.

Pakaian Adat Jawa Barat Untuk Para Bangsawan

Pakaian bangsawan atau menak jawa barat yang merupakan kategori kelas atas di Pakaian Adat Jawa Barat dengan hidup yang berkemamkmuran. Serta pakaian mojang dan jajaka jawa barat yang digunakan khusus untuk pria yang belum menikah. Pakaian pengantin jawa barat yang digunakan oleh rakyat jawa barat saat akan memulai prosesi pengantin.  Untuk pakaian rakyat biasa jawa tengah merupakan pakaian dengan aksesoris yang sangat sedikit dan bahan kain yang sangat sederhana.

Untuk Pakaian Adat Jawa Barat pria dapat menggunakan celana komprang dengan ikat pinggang dengan baju kampret, serta memakai ikat kepala dengan kain sarung yang diletakkan di bahu kanan atau kiri dan di kesampingkan ke seluruh anggota tubuh, untuk alas kaki hanya menggunakan sandal. Sedangkan untuk Pakaian Adat Jawa Barat Wanita dapat menggunakan kain batik panjang sebagai busana, menggunakan sabuk, dan memakai gelang akar bahar sebagai perhiasannya, sedangkan untuk alas kaki juga hanya menggunakan sandal biasa.

Untuk Pakaian Adat Jawa Barat Bangsawan atau menak di jawa barat pada jaman dahulu kala hanya dapat digunakan untuk bangsawan yang merupakan orang golongan kelas atas yang terpandang dalam keadaan financial atau merupakan golongan orang yang berkuasa pada saat itu. Pada saat sekarang, orang – orang keturunan bangsawan yang ada di jawa barat dapat pula menggunakan jenis pakaian ini. Untuk pria dengan desaim baju jas tutup dengan bahan beludru berwarna hitam dengan tinta emas asli di sekitar pinggir baju, menggunakan celana panjang dengan bahan yang sama dan warna yang sama dengan baju, juga menggunakan tinta emas asli pada bagian pinggir bawah celana dalam Pakaian Adat Jawa Barat.


Demikianlah Artikel Tentang Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal

Semoga dengan membaca artikel Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel kami yang lainnya. Dan jangan lupa di share yaa

Anda sekarang membaca artikel Pakaian Adat Jawa Barat yang Terkenal dengan alamat link https://patihakbar.blogspot.com/2019/01/pakaian-adat-jawa-barat-yang-terkenal.html
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di blog ini :

- Dilarang promosi suatu barang
- Dilarang jika memasang link aktif di komentar
- Dilarang keras promosi iklan yang berbau judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang menulis komentar yang berisi sara atau cemuhan

Kebijakan komentar yang bisa Anda temukan selengkapnya disini

Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan subscribe blog ini

Ads Post 4