Ads Right Header

Komunikasi Kantor

Komunikasi Kantor - Hallo sahabat Situs Pendidikan Masa Kini - Patih Akbar, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Komunikasi Kantor, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Administrasi Perkantoran, yang kami tulis ini dapat anda pahami. dengan mudah, selamat membaca.

Judul : Komunikasi Kantor
link : Komunikasi Kantor

Baca juga


Komunikasi Kantor

            Komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam setiap aspek kehidupan. Komunikasi yang akan dibicarakan adalah komunikasi kantor yaknik komunikasi yang terjadi dan berlangsung didalam kantor, atau ada yang menyebut dengan istilah tata hubungan kantor (office communication).

Kantor adalah orang-orang; demikian dikatakan oleh G.R Terry dalam bukunya Office Organization and Motivation. Pernyataan ini mengadung suatu pengertian, bahwa merupakan suatu kenyataan pekerjaan kantor itu dilaksanakan oleh orang-orang dan untuk kepentingan orang-orang. Wajah kantor sangat ditentukan oleh aktivitas orang-orang yang ada didalam kantor. Perlu diperhatikan lebih lanjut bahwa pengertian kantor tidak cukup hanya melihat gedung atau orang-orang yang ada didalam gedung tersebut, tetapi harus melihat kegiatan orang-orang yang ada di dalam gedung tersebut. Tempat itu dinamakan kantor apabila orang-orang yang ada didalammnya melakukan kegiatan yang bersifat tulis-menulis. Di Negara kita kegiatan ini disebut dengan istilah yang lebih popular “tata usaha”. Jadi, suatu tempat dimana dilaksanakan kegiatan tata usaha disebut kantor.
Dapat pula dikatakan, kantor merupakan pusat pengolahan keterangan-keterangan, tempat para pejabat berkumpuul untuk merundingkan segala sesuatu guna kepentingan kantor, tempat pegawai menyelesaikan pekerjaan administrasi atau pekerjaan tata usaha.
Kantor adalah keseluruhan gedung dengan ruang kerjanya yang menjadi tempat pelaksanaan tata usaha dan kegiatan-kegiatan manajemen maupun berbagai tugas resmi lainnya dari pimpinan suatu organisasi.
Pada dasarnya pengertian kantor dapat ditinjau dari dua segi, yaitu : (1) dari segi fisik dan (2) dari segi aktivitas.
1.      Segi fisik
Dari segi fisik berarti kantor dalam arti sempit, kantor dalam bentuk luarnya atau gedungnya, sehingga bersifat statis. Dalam arti statis, kantor merupakan suatu tempat pelaksanaan kegaitan tata usaha atau pelaksanaan kegiatan yang bersifat tulis menulis. Pekerjaan kantor atau tata usaha sering disebut dengan berbagai istilah misalnya: office work, clerical work, paper work, administrative work. Semua istilah itu mengandung pengertian yang sama yaitu kegiatan kantor, kegiatan yang bersifat tulis-menulis atau kegiatan tatata usaha.
2.      Segi aktivitas atau kegiatannya
Kantor memiliki sifat dinamis, dalam arti ada pembagian tugas. Pembagian tugas atau pekerjaan merupakan salah satu asas dalam suatu organisasi. Setiap kantor pada hakikatnya juga berkedudukan sebagai suatu organisasi.

Komunikasi kantor adalah suatu proses penyampaian berita dari suatu pihak kepada pihak yang lain (dari seseorang kepada orang lain, dari suatu unit kepada unit lain, dan bahkan dari suatu organisasi kepada organisasi yang lain) yang berlangsung atau yang terjadi dalam suatu kantor.
Komunikasi kantor dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.      Tata hubungan administrasi
Tata hubungan administrasi disebut juga tata hubungan fungsi, yaknii fungsi setiap orang yang mempunyai fungsi atau kedudukan sebagai administrator atau sebagai manager. Jadi, tata hubungan administrasi, adalah hubungan yang dilakukan oleh setiap orang yang memiliki fungsi atau kedudukan sebagai administrator atau sebagai manager dengan para bawahan atau para pelaksananya yang mengandung unsur perintah.
2.      Hubungan tata usaha
Hubungan tata usaha adalah hubungan yang terjadi adau yang berlangsung antara satuan organisasi dalam suatu organisasi, yang tidak mengandung unsur perintah. Hubungan ini bersifat pengiriman informasi dalam rangka pelaksanaan pekerjaan kantor. Pengriman informasi ini dapat dilakukan melalui surat-surat atau warkat (salinan, tembusan, kutipan) atau dapat juga melalui telepon,

Daftar Pustaka
·         Wursanto. I. G. Etika Komunikasi Kantor. Yogyakarta: Kanisus. 1987.
·         Sitorus. Jhon Miduk. Komunikasi Perkantoran. Jakarta. 2015



Demikianlah Artikel Tentang Komunikasi Kantor

Semoga dengan membaca artikel Komunikasi Kantor ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel kami yang lainnya. Dan jangan lupa di share yaa

Anda sekarang membaca artikel Komunikasi Kantor dengan alamat link https://patihakbar.blogspot.com/2015/03/komunikasi-kantor.html
Previous article
Next article

Leave Comments

Post a Comment

Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di blog ini :

- Dilarang promosi suatu barang
- Dilarang jika memasang link aktif di komentar
- Dilarang keras promosi iklan yang berbau judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang menulis komentar yang berisi sara atau cemuhan

Kebijakan komentar yang bisa Anda temukan selengkapnya disini

Dukungan :

Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan subscribe blog ini

Ads Post 4