Excel 2007
Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007 - Hallo sahabat Situs Pendidikan Masa Kini - Patih Akbar, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel
Excel 2007, yang kami tulis ini dapat anda pahami. dengan mudah, selamat membaca.
Judul : Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
link : Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
Anda sekarang membaca artikel Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007 dengan alamat link https://patihakbar.blogspot.com/2017/10/cara-menggunakan-rumus-fungsi-sum-sumif.html
Judul : Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
link : Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
Meskipun Excel dilengkapi dengan ratusan fungsi untuk menyelesaikan berbagai macam kasus tapi dari ratusan fungsi tersebut hanya sebagian yang dapat digunakan oleh pengguna Excel.
Pembahasan kali ini akan mengupas pemjelasan beberapa fungsi terapan untuk menyelesaikan berbagai macam persoalan yang dihadapi.
A. Fungsi SUM
Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka/bilangan) yang terdapat beberapa sel atau range.
Untuk lebih jelas bagaimana cara menerapkan rumus SUM perhatikan studi kasus dibawah ini:
- Menjumlahkan seluruh jumlah transaksi yang ada di tabel atau gambar dibawah ini:
Studi Kasus1 |
Untuk menyelesaikan kasus pada gambar diatas adalah :
Tempatkan kursor pada sel F10, kemudian ketik rumus =SUM(F3:F9)
B. Fungsi SUMIF
Fungsi SUMIF digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka/bilangan) pada suatu range sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Untuk lebih jelas bagaimana cara menerapkan rumus SUMIF perhatikan studi kasus dibawah ini:
- Menjumlahkan seluruh jumlah transaksi yang ada di wilayah JAKARTA saja yang ada di tabel atau gambar dibawah ini:
Studi Kasus2 |
Untuk menyelesaikan kasus pada gambar diatas adalah :
Tempatkan kursor pada sel F10, kemudian ketik rumus =SUMIF(D3:D9,E10,F3:F9)
C. Fungsi SUMIFS
Fungsi SUMIFS digunakan untuk menjumlahkan data numerik (angka/bilangan) pada suatu range sesuai dengan beberapa kriteria yang telah ditetapkan (fungsi SUMIF hanya satu kriteria).
Untuk lebih jelas bagaimana cara menerapkan rumus SUMIFS perhatikan studi kasus dibawah ini:
-Menjumlahkan seluruh transaksi dengan wilayah BANDUNG dengan nama LESMANA yang ada di tabel atau gambar dibawah ini:
Studi Kasus3 |
Untuk menyelesaikan kasus pada gambar diatas adalah :
Tempatkan kursor pada sel F10, kemudian ketik rumus =SUMIFS(F3:F9,D3:D9,E10,E3:E9,E11)
Demikian artikel tentang pembahasan fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan kita tentang rumus excel.
Demikianlah Artikel Tentang Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007
Semoga dengan membaca artikel Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007 ini, bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel kami yang lainnya. Dan jangan lupa di share yaa
Anda sekarang membaca artikel Cara Menggunakan Rumus Fungsi SUM, SUMIF dan SUMIFS di Excel 2007 dengan alamat link https://patihakbar.blogspot.com/2017/10/cara-menggunakan-rumus-fungsi-sum-sumif.html
Previous article
Next article
Leave Comments
Post a Comment
Kami memiliki kebijakan dalam berkomentar di blog ini :
- Dilarang promosi suatu barang
- Dilarang jika memasang link aktif di komentar
- Dilarang keras promosi iklan yang berbau judi, pornografi dan kekerasan
- Dilarang menulis komentar yang berisi sara atau cemuhan
Kebijakan komentar yang bisa Anda temukan selengkapnya disini
Dukungan :
Jika menyukai dengan artikel blog kami, silahkan subscribe blog ini